Misteri Black Hole (Lubang Hitam) | Pengertian dan Penjelasan

Pembahasan Lengkap Seputar Black Hole (Lubang Hitam) | Pengertian dan Penjelasan - Ada begitu banyak misteri di ruang angkasa yang sangat menarik untuk dipelajari. Salah satunya adalah Black Hole, atau Lubang Hitam. Lubang raksasa ini senantiasa memiliki daya tarik bagi ilmuwan maupun manusia awam karena diketahui berukuran raksasa


Pembahasan Lengkap Seputar Black Hole (Lubang Hitam) | Pengertian dan Penjelasan - Ada begitu banyak misteri di ruang angkasa yang sangat menarik untuk dipelajari. Salah satunya adalah Black Hole, atau Lubang Hitam. Lubang raksasa ini senantiasa memiliki daya tarik bagi ilmuwan maupun manusia awam karena diketahui berukuran raksasa, bergerak, serta diketahui menelan apapun yang berada dalam jangkauan gravitasinya, termasuk sinar, dan telah ditemukan beberapa, di ruang angkasa. Konon, apapun tak ada yang bisa lolos begitu tercengkeram Lubang Hitam. Keberadaan yang dirasa mengerikan bagi manusia. 

Teori adanya lubang hitam pertama kali diajukan pada abad ke-18 oleh John Michell and Pierre-Simon Laplace, selanjutnya dikembangkan oleh astronom Jerman bernama Karl Schwarzschild, pada tahun 1916, dengan berdasar pada teori relativitas umum dari Albert Einstein, dan semakin dipopulerkan oleh Stephen William Hawking. Pada saat ini banyak astronom yang percaya bahwa hampir semua galaksi dialam semesta ini mengelilingi lubang hitam pada pusat galaksi. Pada Awalnya, Teori "Lubang Hitam" hanya sekedar Fiksi Ilmiah saja, namun karena semakin majunya teknologi,lubang hitam (black hole) kini dapat dibuktikan keberadaannya.

Dengan menggunakan teleskop canggih para ilmuan melakukan berbagai penelitian mengenai lubang hitam. Istilah lubang hitam semakin populer setelah John  Archibald Wheeler menggunakannya pada ceramah-ceramahnya pada tahun 1967. Walaupun ia dianggap luas sebagai  pencetus istilah ini namun ia selalu menampik dengan pernyataan bahwa ia bukanlah penemu istilah lubang hitam ini.

Apa itu Black Hole (Lubang Hitam)

Lubang hitam adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apapun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Tidak ada sesuatu termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat  masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya. Dari sini diperoleh kata “hitam”. 

Lubang hitam  merupakan tempat di ruang angkasa yang menyedot segala sesuatu di dekatnya, cahaya dan radiasi tidak bisa memancar ke luar, sehingga gelap tak terlihat. Saat bintang yang berukuran 10 kali massa matahari runtuh, maka akan menjadi lubang hitam yang sangat padat dengan radius 3 km.

Bagaimana Terciptanya Lubang Hitam?

Lubang hitam berasal dari sejenis bintang biru yang memiliki suhu permukaan lebih dari 25.000 derajat Celcius. Ketika pembakaran hidrogen di bintang biru yang memakan waktu kira-kira 19 juta tahun selesai, ia akan menjadi bintang biru raksasa. Kemudian,bintang itu menjadi dingin dan menjadi bintang merah raksasa. Dalam fase itulah, akibat tarikan gravitasi nya sendiri, bintang merah raksasa mengalami ledakan dahsyat atau sering disebut dengan Supernova dan menghasilkan 2 jenis bintang yaitu bintang Netron dan Black Hole.

Banyak objek termasuk bumi dan matahari tidak akan pernah menjadi lubang hitam karena tekanan gravitasinya tidak mencukupi untuk melampaui kekuatan atom dan nuklir dalam dirinya yang sifatnya melawan tekanan gravitasi.

Fase pertama terbentuknya Black Hole adalah Meledaknya Bintang. Para ahli menemukan bahwa semua bintang akan meledak setelah kehabisan bahan bakarnya dan berubah menjadi bintang lain, namun bentuk paling ekstrim adalah Black Hole.

Teori-Teori Tentang Black Hole

1. Teori Relativitas Umum
Pada 1976, pakar astrofisika ternama, Stephen Hawking mengemukakan teori bahwa lubang hitam terbentuk dari bintang raksasa yang tekanan gravitasinya luar biasa besar sehingga menarik energi dan materi di dekatnya. Energi dan materi itu diyakininya akan musnah ditelan lubang hitam.

2. Teori Fisika Kuantum
Teori fisika kuantum berlawanan dengan teori relativitas umum. Teori fisika kuantum menyatakan bahwa materi dan energi tidak bisa dihancurkan, namun hanya berganti wujud. Hawking sempat menyatakan kalau sejatinya materi yang terisap lubang hitam akan mengalir menuju jagad raya baru.
Tetapi setelah dipikir kembali oleh Hawking, ia akhirnya menyatakan bahwa lubang hitam tidak menghancurkan segala yang diisapnya, namun menyimpan apa yang diisapnya dalam waktu lama. 

Setelah lubang hitam rusak dan mati, apa yang pernah diisapnya dipancarkan kembali ke jagad raya dalam keadaan tercerai-berai. Pemikiran baru Hawking yang radikal ini diungkapkannya dalam Konferensi Internasional Mengenai Gravitasi dan Relativitas Umum ke 17 di Dublin, Irlandia, Rabu (21/7).

3. Teori Evolusi Bintang
Menurut teori evolusi bintang, lubang hitam berasal dari sejenis bintang biru yang memiliki suhu permukaan lebih dari 25,000 derajat celcius. Ketika pembakaran hidrogen di bintang biru yang memakan waktu kira-kira 10 juta tahun, ia menjadi bintang biru raksasa.  Kemudian, bintang itu menjadi dingin dan menjadi bintang merah raksasa. Dalam fase itulah, akibat tarikan gravitasi-nya sendiri, bintang merah raksasa mengalami ledakan dahsyat atau disebut dengan Supernova dan menghasilkan dua jenis bintang yaitu bintang Netron dan lubang hitam.

Pengamatan dari teleskop sinar-X ruang angkasa selama lebih dari satu dekade menunjukkan kekuatan tarikan gravitasi lubang hitam menyebabkan banyak bintang yang hancur dan ditelan olehnya. Ahli-ahli astronomi sudah berhasil mengamati bagaimana proses lubang hitam menyedot gas yang berterbangan di sekitarnya. Gas yang disedot itu menjadi panas sehingga memancarkan radiasi dalam berbagai panjang gelombang, mulai dari gelombang radio hingga gelombang sinar-X.

Black Hole (Lubang Hitam) Di Dalam Al Qur'an

Sebelum peneliti menemukan keberadaan Black Hole, Allah sudah lebih dulu menjelaskan Black Hole di dalam Al-Quran. Yaitu dijelaskan pada surah at-Takwir ayat 15-16 yang artinya :

"Aku bersumpah demi bintang tersembunyi. Yang bergerak cepat lagi menyapu."

Dalam ayat ini, dijelaskan dengan jelas keberadaan Black Hole itu memang betul adanya. Penjelasan yang pertama dari kata "bintang tersembunyi," ini sama persis dengan pendapat ilmuwan mengenai Black hole yang tidak dapat dilihat secara langsung. Yang kedua "bergerak cepat," sangat sesuai dengan sifat Black Hole yaitu mampu berjalan puluhan ribu kilometer per detik. Yang ketiga "menyapu," Black Hole menyapu atau menelan apa saja yang ada di sekitarnya.

Gambar dari Black Hole (Lubang Hitam)

Gambar Black Hole diatas diambil dari Situs NASA.

Itulah Pembahasan kita seputar Black Hole, Jika ada kesalahan kata atau penjelasan silahkan untuk corat-coret dikolom komentar atau jika ada kritik dan saran bahkan Request Artikel, Silahkan Hubungi lewat Contact Us, Sekian dan Terima Kasih.

COMMENTS

Name

Android,1,FM,7,Horror,4,Islampedia,8,Misteri,7,Seru,6,Unik,4,
ltr
item
Spotter Lite: Misteri Black Hole (Lubang Hitam) | Pengertian dan Penjelasan
Misteri Black Hole (Lubang Hitam) | Pengertian dan Penjelasan
Pembahasan Lengkap Seputar Black Hole (Lubang Hitam) | Pengertian dan Penjelasan - Ada begitu banyak misteri di ruang angkasa yang sangat menarik untuk dipelajari. Salah satunya adalah Black Hole, atau Lubang Hitam. Lubang raksasa ini senantiasa memiliki daya tarik bagi ilmuwan maupun manusia awam karena diketahui berukuran raksasa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgW4uPj54ZxkOe_zPWd8yzi1ilpumw6BW-zb2bqAQok1xnlWY4eMD31ucbEy5_uGnN45p_gAtPoquoXdCKusQNGPPG_AgnbO2ltw6N1GZPQ2VkqQmV2YHurNIoBIghNgaf9meYGAfRlFQ/s1600/Black+hole.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgW4uPj54ZxkOe_zPWd8yzi1ilpumw6BW-zb2bqAQok1xnlWY4eMD31ucbEy5_uGnN45p_gAtPoquoXdCKusQNGPPG_AgnbO2ltw6N1GZPQ2VkqQmV2YHurNIoBIghNgaf9meYGAfRlFQ/s72-c/Black+hole.jpg
Spotter Lite
https://spotterlite.blogspot.com/2017/07/pembahasan-lengkap-seputar-black-hole-pengertian-lubang-hitam.html
https://spotterlite.blogspot.com/
https://spotterlite.blogspot.com/
https://spotterlite.blogspot.com/2017/07/pembahasan-lengkap-seputar-black-hole-pengertian-lubang-hitam.html
true
229042600577542573
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Selamat Datang di Situs Spotter Lite, Kunjungi terus ya dan Doakan Semoga Blog ini menjadi Blog yang Berguna bagi Semua Orang.